Memaparkan semua sejarah yang ada di Indonesia

Jumat, 28 Desember 2012

Sejarah KEBO IWA Patih Yang Disegani Gajah Mada


Sejarah KEBO IWA Patih Yang Disegani Gajah Mada, dikisahkan dalam Babad Bara Batu, tersebutlah pada tahun Isaka 1185/1263 Masehi, Prajurit Taruna Batu, anggota sebanyak 33 orang, semuanya gagah berani berbusana serba putih, memakai destar Merah api, bunga Waribang Dwikarna, bersenjata Tamyang dan keris 10 orang pengawin samlong mapontang kuningan 10 dan membawa pratoda, dan tiga orang membawa air, pasepan, tirtha suci.


Diceritakan lagi tahun Isaka 1197/1275 Masehi pasukan Teruna Batu membangun Pura Dalem Maya.

Dikisahkan lagi Patih Mada bermaksud membuat daya upaya jahat terhadap Sang Kebo Waruga bersama raja Bali karena tahu para patihnya tak ada menandingi kesaktiannya.

Kemudian Patih Mada bersama para patih Wilwatikta mendarat di segara rupek di Gilimanuk, menuju ke Telukan Bawang, merambas tegalan di desa Garabong (Pulaki) serta desa Pangastulan, naik perahu menuju ujung gunung Tolangkir terus ke Tianyar dan Samprangan.

Ketika diketahui kedatangan para mantri Jawa oleh pasukan Taruna Batu, disambut dengan ramah dan bersalaman, karena sebelumnya sudah ada tanda persahabatan dengan mengibarkan bendera putih, dan perlengkapan upacara agama, lantas diajak kerumah orang tuanya Karang Buncing di Blahbatuh, dan ditanya maksud atas kedatangannya, yaitu menjalankan perintah Sri Aji Wilwatikta melamar Kebo Iwa akan disandingkan dengan putri dari jawa Madura.

Atas ijin sang raja lalu Kebo Iwa pamitan dengan para mantri semuanya, juga menghaturkan sembah bhakti dipura Gaduh, lalu menuju ke Pura Luhur, Uluwatu, melakukan yoga semadhi seorang diri tanpa ada orang yang mengiringi.

Setelah beberapa lama di parahyangan lalu berjalan menuju pantai Pula Ayam (bali Tegil), di Benoa, menaiki perahu layar ke tengah samudra, lalu ada tanda yang tidak baik, hujan ribut dan kilat bersahu-sahutan, perahu layar diterjang ombak, tahu dirinya akan kena bencana dan ingat akan kewajiban sebagai seorang ksatrya yaitu kesetiaan, satrya artinya tak boleh ingkar janji, lalu turun berenang ketengah lautan mengobok-obok air laut bagaikan lajunya perahu layar.

Kemudian beliau tiba di pulau Jawa dan disambut oleh kedatangannya oleh orang-orang Surabaya, Madura, tak terbilang banyak menyambut kedatangan Beliau, lalu disuruh membuat sumur dilereng gunung untuk tempat pemandian Sang Dyah dikala hari pernikahan nanti. Setelah Kebo Iwa dalam menggali sumur, lalu ditimbun dengan bongkahan-bongkahan batu, lalu disangga batu itu dengan kedua belahan tangan dan dihempaskan kembali dari dalam sumur, bagaikan hujan batu, semuanya lari tunggang langgang menyelamatkan diri takut kena bongkahan batu.

Lalu kebo Iwa keluar dari dalam sumur seraya berucap, Hai kamu prajurit semua, kalau kamu mengharapkan aku mati, aku tak akan mati oleh batu, juga dengan segala senjata buatan manusia, malu aku kembali ke pulau Bali, dengarkan ucapanku, kalau kamu ingin mematikan aku, dengan kapur bubuk timbun aku kedalam sumur beserta canang wangi, seperti bunga, daun, air, dupa, buah.

Jika aku mati atas kehendak kamu semua, semoga dikemudian hari di bumi ini akan dimasuki kebo putih, saat itu semuanya akan kesusahan, demikian akhirnya Kebo Iwa meninggal di dalam sumur menuju kesunyian. Demikianlah disebutkan dalam prasasti Pura Dalem Maya, Blahbatuh, Gianyar,

Sedangkan Kelahiran KEBO IWA & kekuatannya yang sangat terkenal sampai diluar pulau Bali disebutkan dalam Prasasti Pura Maospahit.

Entah berapa lama Ida Arya Karang Buncing hidup sebagai suami istri, belum juga dikarunia putra, hati beliau sanagat sedih, lalu pada hari yang baik , beliau berkeinginan nunas ica memohon kemurahan hati Ida Sanghyang Widhi, ring Pura Bedugul Gaduh, lalu beliau mendapat kelahiran seorang putra, yang lama kelamaan diberi nama Kebo Waruga, yang berperawakan tinggi besar, tidak ada orang menyamai di bumi Bali ini, apalagi tentang kesaktianya, teguh, tidak mempan oleh senjata buatan manusia, ahli dalam bidang pembangunan, beliau sidhi ucap.

Pada tahun Caka 1185/1263 Masehi, lalu beliau Kebo Waruga mendirikan pasukan Taruna Watu, yang jumlah anggotanya sebanyak 33 orang, lalu beliau membangun Pura Dalem Maya pada tahun Caka 1197/1275 Masehi. Setelah selesai membangun pura, pada saat itu tahun Caka 1198/1276 Masehi, Kebo Waruga bingung pikirannya, lalu beliau menyelusup ke desa-desa seperti, Bualu, Pecatu, Tunggaking Pering, Kali Jajuwan, beliau dijunjung di jagat Kali Jajuwan itu, soal makanan Beliau sangat rakus, itu sebabnya badannya tinggi dan besar, oleh sebab itu kesengsaran dan bingung rakyat beliau, lalu Kebo Iwa mengutuk tempat itu dan dinamakan Desa Serangan. Kebo Iwa berjalan ke utara ke jagat Badung menjadi tukang bangunan suci seperti membuat Candi Raras Maospahit yang menghadap ke barat pada tahun Caka 1200/1278 Masehi.

Selanjutnya diceritakan yang  menjadi pimpinan jagat Kapal, Bali yang bergelar Dalem Rokaranti, tempat itu bernama Pastenganan yang letaknya arah tenggara Puri ne Kawit, disebut Dalem Pura Sada (Dalem Bringkit-Kebo Iwa), disana beliau mendirikan Candi Raras yang sudah dipastu, yang beliau katakan “ Bilamana ada seorang istri yang sedang mengandung masuk ke pura itu akan gugur kandungannya”.

Desa Kapal itu juga dikutuk tidak boleh membangun mamakai bahan dari batu bata sampai kini, karena beliau yang patut memerintahkan kutukan bumi ini. Beliau bagaikan dewata yang dijunjung seperti Dewata Saking Kidul (Hyang Sinuhun Kidul).

Karena Ida Kebo Iwa tidak punya tempat maka beliau mendirikan bale panjang yang disebut Bale Agung, juga mendirikan dapur di desa Sri Jong, Bale Panjang ada di desa Beda, serta semua rakyat tidak berani melawannya.

Lagi diceritakan yang menjadi raja di jagat Bali saat itu adalah Ida Dalem Batu Ireng (Astasura Ratna Bumi Banten, Sri Gajah Wahana, Sri Tapa Hulung, Dalem Bedahulu), mengutus para Demung yang bernama Arya Kalung Singkal di desa Taro, Arya Tunjung Biru, Arya Tunjung Tutur juga patih Kopang di Batur, arya Pasung Grigis di Tengkulak, Ida Patih Giri Gemana di Jambirana, Patih Tambyak di Jimbaran membuat pondok prajurit mau menguji kesaktianya I Kebo Iwa.

Tatkala di hari yang tepat diadakan pertarungan, Ida Sang Prabu Batu Ireng diiringi oleh Mantri Gudug Basur telah naik ketempat yang telah disiapkan, lalu suara kentongan berbunyi bertalu-talu, suara gambelan, suara gemuruh rakyatnya tak henti-hentinya. Lalu Pasung Gerigis memerintahkan patih semuanya untuk melawan I Kebo Iwa mengadu kewisesan (perang tanding), semua patih dan rakyat kalah dalam mengadu tanding tersebut.

Dengan demikian Prabu Batu Ireng kagum atas kekuatan I Kebo Iwa, lalu I Kebo Iwa diangkat menjadi patih andalan, kekuatan Ida I Kebo Iwa sangat terkenal sampai diluar pulau Bali.

Sumber

15 komentar:

Unknown mengatakan...

SUKSMA

Kadek Rasmana mengatakan...

Dari paparan diatas bisa disimpulkan Kebo Iwa alias Kebo waruga atau Kebo Taruna berumur panjang. Tahun 1263 sudah membentuk pasukan Taruna Watu, artinya saat itu Raja Sri Gajah waktra belum memerintah, karena raja Sri Gajah Waktra atau Sri Tapo Ulung menjadi raja tahun 1337 setelah Raja Sri Bhatara Guru (1324) dan Walajaya Kertaningrat. Berarti Kebo Iwa wafat yang wafat tahun 1343 (sebelum srbuan Gajah Mada) berarti berusia 100 tahun atau lebih dengan asumsi tahun 1263 sudah berumur 20 tahun..

Anonim mengatakan...

Akhirnya gajah mada bisa menaklukan kebo iwo dengan di bohongi dan di janjikan wanita cantik ygbernama ni lemah tulis.jadi imngat wahai generasi muda bali,dulu leluhur kita di hapus dan di ajak ke jawa untuk di janjikan wanita cantik,tapi sekarang wanita cantik jawa sudah datang sendiri menghampiri kalian.dengan menjadi cewek cafe.sadarlah......

FROM INDONESIA mengatakan...

Gajah MAda memang hebat namun belum bisa taklukan Pajajaran

BDR mengatakan...

Ya bagaimanapun dalam perang bukan hanya kekuatan fisik yg harus di andalkan. .kekuatan politik dan strategi untuk menang harus pula dimiliki,trlepas dari segala uraian di atas tidak bisa dipungkiri kalau patih gajah mada adalah patih penakluk Nusantara

elang purba mengatakan...

setiap kerajaan tentu punya pahlawan. dan setiap pahlawan PASTI punya kelemahan atau pernah mengalami kekalahan. ibarat di atas langit masih ada langit, maka tiada pahlawan yg sakti tiada tanding. namun perlu dilihat lagi jejak pencapaian para pahlawan tersebut, kemampuan politis-strategisnya, manfaat & kejayaan yang diberikan utk kerajaannya, serta rasio pendukung maupun penentangnya. dalam hal ini, memang GAJAH MADA masih menjadi yang terbaik. wilayah taklukan cukup luas (hingga negara Kamboja), kemampuan politis-strategis yg unggul, keberanian secara fisik maupun religi (sumpah Amukti Palapa), kontribusi pada kejayaan Majapahit, hingga kemampuan mengatasi para penentangnya.

Unknown mengatakan...

MENYEDIAKAN 7 PERMAINAN KARTU TERFAVORIT
BANDAR Q | DOMINO 99 | ADU Q | BANDAR POKER | POKER | CAPSA SUSUN |

MEMBERIKAN BONUS TERBESAR !!
- CASHBACK 0.2%
- REFFERAL 15%
- JACKPOT !!
- MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW 20RB
- BEST SERVER FOR GAMBLING NO ROBOT !
- PLAYER VS PLAYER
- FAST PROSES !
- CS ONLINE 24 JAM
GABUNG SEKARANG

Anonim mengatakan...

Kebo Iwa mungkin pahlawan bagi bali aga, dan bukan pahlawan bagi bali majapahit. Sri Mpu Gajah Mada adalah mahapatih yang wiweka atau cerdas, dan tahu kelemahan Kebo Iwa adalah pada TA yang ketiga, yaitu WANITA, sehingga dengan mudah dapat ditaklukkan, selanjutnya seluruh budaya yang ada di bali saat ini adalah 100% peninggalan leluhur kita dari majapahit, mari kita syukuri - salam dari kami putra majapahit jawa timur, silahkan datang metirtayatra

Anonim mengatakan...

Gajah Mada licik

Agus Darma mengatakan...

,Izinkan Saya Mbah Agus Darma Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,Cari Jodoh,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Agus Darma memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei,Dll maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Agus Darma Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0823-8738-4409 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0823-8738-4409

Unknown mengatakan...

Ngaco luhh geblek. Majapahit ITU hny bualan n adu domba. Majapahit tak prnh taklukan nusantara. Adam bukti otentik prasasti majapahit di luar jaws yg mengatakan majapahit penguasa

Unknown mengatakan...

Prasasti ap yg ditinggalkan majapahit sbg pengukuh dirinya sbg penguasa nusantara??? Masak kerajaan kuat n besar tak meninggalkan bukti otentik sbg legitimasi kekuasaanny. Klo Sriwijaya benar sbg kerajaan besar n Maritime terkuat di Asia tenggara. Prasastinya tersebar dmn2 di semenanjung Melayu,Sumatra,jawa,Kalimantan ntb,Thailand,Philippine,kamboja,campa,India ,srilanka,myanmar

Unknown mengatakan...

Menaklukan Bali saja butuh waktu 9 tahun aplgi Nusantara wkwkwk. Sumber Dr empu prapanca n kitab negarakertagama n pararaton yg dijadikan kiblat kebenaran. Maka makin terkungkung kau DLM Kedunguan n Kesesatan sejarah

bagus.com mengatakan...

Kau bodoh sekali.. kau dapat sejarah dari mana.. bahwa sudah jelas jelas kerajaan majapahit lah yang menaklukan seluruh nusantara.. masih saja ngeyel.. jangan merubah sejarah..

bagus.com mengatakan...

Kita tu hanya bisa mengerti sejarah.. entah itu majapahit dan bali dulunya seperti apa kita juga gak tau kan..

Posting Komentar

Mohon untuk tidak melakukan tindakan SPAM dan menaruh LINK yang aktif. Berkomentarlah yang baik. Terimakasih untuk komentar anda.

Diberdayakan oleh Blogger.

Sejarah di Nusantara Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger