Memaparkan semua sejarah yang ada di Indonesia

Kamis, 02 Mei 2013

Sejarah Kepahlawanan Pangeran Diponegoro


Sejarah Kepahlawanan Pangeran Diponegoro, Sejarah Pangeran Diponegoro yang panjang memang tidak akan cukup jika ditulis. Karena Pangeran Diponegoro merupakan salah satu pahlawan Nasional. Blogiztic kali ini akan menceritakan beberapa kisah sejarah Pangeran Diponegoro secara singkat dan mudah dipahami.


Sejarah Pangeran Diponegoro dalam sejarah singkat
Untuk lebih lengkapnya dan tidak terlalu berlama-lama kita langsung saja membaca kisah cerita sejarah Pangeran Diponegoro yang sangat gigih melawan Belanda.

Pangeran Diponegoro
Ketika Islam diinjak-injak Belanda

Lahir di Yogyakarta, 11 November 1985 dengan nama asli Raden Mas Ontowiryo. Gelarnya panjang sekali, yaitu Sultan Abdulhamid Herucokro Amirulmukmin Sayidin Panatagama Khalifatullah Tanah Jawi. ia anak dari Pangeran Adipati Anom ( Hamengku Buwono III) dan Raden Ajeng Mangkarawati.

Ketika Sultan Hamengku Buwono IV wafat mendadak pada tahun 1822, ditunjuklah penggantinya, yaitu pangeran Menol yang baru berusia 3 tahun. Karena ia masih bocah, maka dibentuk dewan perwalian untuk mendampinginya menjalankan pemerintahan, yang terdiri dari orang-orang kerajaan. Tapi lama-lama mereka disingkirkan oleh Belanda dan digantikan oleh Patih Danurejo IV. Karena kecewa terhadap Belanda, Pangeran Diponegoro lebih banyak tinggal di Tegalreja.

Ia memulai perlawanan terhadap Belanda dengan mencabuti tiang-tiang pancang pembangunan jalan oleh Belanda yang melewati rumah, masjid, dan makan leluhur Pangeran Diponegoro. Soalnya Belanda juga tidak meminta izin terlebih dahulu. Demikianlah ulah penjajah, suka seenaknya sendiri.

Pembangunan jalan ini dilakukan atas usul Patih Danurejo IV yang bekerja sama dengan Belanda. Sebenarnya Pangeran Diponegoro sudah lama jengkel terhadap Belanda. Gara-gara pengaruh Belanda, banyak keluarga keraton yang tidak peduli lagi dengan aturan Islam. Demikian pula rakyat. Mereka menjadi terbiasa meminum minuman keras, meniru gaya orang Belanda.

Di kalangan rakyat kecil juga terjadi banyak kemiskinan. Para petani dibebani pajak tinggi dan kewajiban kerja paksa. Orang-orang kerajaan malah menyewakan tanahnya pada perkebunan asing. Diponegoro sangat sedih melihat hal itu. Belanda dibantu Patih Danurejo menyerang kediaman Pangeran DIponegoro di Tegalreja. rumah dan masjid pangeran dibakar habis. Pangeran kemudian memusatkan pasukannya di Selarong. Sejak saat itu berkobarlah perang Jawa atau Perang Diponegoro (1825-1830). Perang ini membuat Belanda rugi besar.

Sejarah Pangeran Diponegoro dalam siasat perang gerilya
Pangeran Diponegoro menggunakan siasat Perang Gerilya, sehingga membuat Belanda sulit menangkap beliau. Beliau dibantu oleh Kyai Maja (Surakarta), Sentot Alibasyah Prawirodirjo, Pangeran Suryo (Mataram), Pangeran Mangkubumi dan Pangeran Pak-Pak (Serang). Bnayak sekali yang mendukung. Terbukti, 15 pangeran dari 29 pangeran di Yogyakarta, 41 bupati se-Jawa mendukung beliau.

Belanda sudah menggunakan beberapa cara untuk menangkap pangeran Diponegoro, namun selalu gagal. Termasuk menyediakan uang puluhan ribu Gulden untuk siapa saja yang dapat menangkap Pangeran. Tahun 1827, Belanda melancarka strategi Benteng Stelsel. DI setiap daerah yang telah dikuasai Belanda, selalu didirikan benteng dengan sarana yang lengkap. Beberapa pimpinan pasukan Diponegoro, seoerti Sentot Alibasyah dan Pangeran Mangkubumi berhasil ditangkap. Namun Pangeran Diponegoro belum juga tertangkap.
Saat Penangkapan Pangeran Diponegoro

Akhirnya beliau dijebak. Bagaimana caranya? Beliau diajak Belanda untuk berunding. Namun ternyata Beliau malah ditangkap pada tanggal 28 Maret 1830 ketika sedang berunding di Magelang. Yang menangkapnya bernama Jendral Henrick de Kock. Pangeran Diponegoro dibuang ke Benteng Amsterdam di Manado. Empat tahun kemudian ia dipindahkan ke Benteng Rotterdam di Makassar sampai meninggalnya tanggal 8 Januari 1855. Beliau dimakamkan di Kampung Melayu, Makassar.

Nah, demikian kisah sejarah singkat mengenai sejarah Pangeran Diponegoro hingga wafatnya. Kita patut menghormati perjuangan beliau demi Indonesia tercinta.


Sumber

6 komentar:

Unknown mengatakan...

Marilah kita bersama-sama untuk merenungkan dan mencontoh jiwa kepahlawanan Pangeran Diponegoro, guna untuk meningkatkan lebih giat lagi dalam mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama, dengan profesi kita masing-masing, karena atas jerih payah dan usaha yang kuat dari para pahlawan tersebutlah kita dapat menikmati buah kemerdekaan. Jangan lupakan jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam membela harkat, martabat dan kehormatan serta kedaulatan negara. Untuk mengenang dan menghormati jiwa kepahlawanan marilah kawan-kawan se tanah air Indonesia jangan lupa setiap saat untuk memberikan do'a kepada Beliau-Beliau tersebut sesuai ajaran agama yang dianut masing-masing. Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan tempat yang mulia disisiNYA ......AMIN

Mas MH mengatakan...

Diponegoro adalah santri, muridnya kyai, ngajinya al-Quran. Mursyid Thoriqoh yang disegani belanda ketika itu. Ini yang jarang diungkap dalam buku sejarah kita Indonesia. Ini ada artikel menarik tentang DiponegoroJika Tidak ada Pesantren, Indonesia Runtuh

Unknown mengatakan...

http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/wanita-egois-dalam-cinta-itu-penting.html

QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
• Bandar66
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!

Unknown mengatakan...

Sangat bermanfaat,kalau ada waktu mampir ya Kaka di blog You Must Know

Nurul Ichsan mengatakan...

Terima Kasih atas Keterangannya..

Blogger mengatakan...

Do this hack to drop 2lb of fat in 8 hours

Over 160 thousand women and men are trying a simple and secret "water hack" to lose 2 lbs each and every night while they sleep.

It's effective and works all the time.

You can do it yourself by following these easy steps:

1) Hold a glass and fill it with water half glass

2) Now follow this weight loss HACK

and you'll be 2 lbs thinner the next day!

Posting Komentar

Mohon untuk tidak melakukan tindakan SPAM dan menaruh LINK yang aktif. Berkomentarlah yang baik. Terimakasih untuk komentar anda.

Diberdayakan oleh Blogger.

Sejarah di Nusantara Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger