Memaparkan semua sejarah yang ada di Indonesia

Kamis, 28 Juni 2012

Sejarah Tari Kecak Beserta Video

Tari kecak sempat membuat rekor dunia saat ditarikan kurang lebih lima ribu orang beberapa tahun lalu. Wayan Limbak yang menciptakan tari kecak. Sebelumnya telah banyak tarian Bali yang tersohor lainnya. Tahun 1930 Limbak telah mempopulerkan tari kecak ke manca negara dibantu oleh pelukis asal Jerman bernama Walter Spies.




Tari kecak merupakan puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar. Mereka menggunakan kain penutup kotak-kotak seperti papan catur, yang hingga akhirnya kain kotak-kotak itu menjadi kain ciri khas Bali.


Tari kecak pada hakikatnya berasal dari ritual Sanghyang. Saat menari, mereka dalam keadaan tidak sadar, dimana dalam keadaan itu diyakini mereka bisa berkomunikasi dengan Tuhan atau roh leluhur, untuk menyampaikan harapan mereka.


Para lelaki ini mengangkat tangan mereka sambil berteriak "cak cak cak" bisa dibilang dari sanalah muncul nama "Kecak". Yang menarik dari tari kecak, tidak memakai alat musik sama sekali. Alunan menyerupai musik merupakan murni keluar dari teriakan cak cak tadi dan suara kincringan yang diikatkan pada kaki para penari pemeran tokoh Ramayana.


Tatkala di dalam lingkaran, para penari lainnya pun bertindak. Umumnya mereka memainkan tarian yang diambil dari bagian cerita Ramayana. Mereka memerankan tokoh Rama yang dibantu barisan kera berusaha menyelamatkan Shinta dari tangan jahat Rahwana. Sekarang, tari kecak menjadi daya tarik turis baik lokal hingga internasional. Apalagi kadang-kadang mereka dilibatkan dalam tarian ini.










Sumber : 
http://krozbonek.blogspot.com/2012/03/sejarah-tari-kecak.html
http://www.youtube.com/watch?v=CX1rghsOqu0&feature=related

1 komentar:

wayan mengatakan...

kok video tari kecaknya gk bisa diputar?

Posting Komentar

Mohon untuk tidak melakukan tindakan SPAM dan menaruh LINK yang aktif. Berkomentarlah yang baik. Terimakasih untuk komentar anda.

Diberdayakan oleh Blogger.

Sejarah di Nusantara Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger